Sabtu, 31 Desember 2011

Apalah arti sebuah nama

Yaak, judul yang tepat untuk menggambarkan kondisi gue yang memiliki berbagai nama sejak kecil. Menurut gue, nama itu sebenernya.. penting ga penting sih. Ketika orang menyebut sebuah “ kata “ dan lo merasa terpanggil, maka itu adalah nama. Dari kecil, banyak banget nama yang orang orang kasih ke gue. Tapi Sebelum bahas nama nama palsu gue, perkenalkan dulu nama asli gue, Syarifah Camila Bani Alawia Baraqbah.

Ø Syarifah adalah gelar bagi orang orang alawiah yang ayah dan ibunya juga berasal dari golongan Alawiah.

Ø Camila itu diadopsi dari kamilah, artinya kesempurnaan.

Ø Bani Alawiah adalah sebuah keluarga keturunan Ali bin Abi thalib melalui Rahim Fatimah Azzahra dan dilanjutkan oleh Imam Hussain teruuus kebawah sampe ke kakek kakek gue yang hijrah ke Indonesia.

Ø Sedangkan Baraqbah adalah marga gue, jadi di dalam bani alawiah itu terbagi suku suku kecil lagi, naah suku suku kecil itulah yang membentuk marga. Selain baraqbah, marga yang tergabung kedalam Bani Alawiah adalah Assegaf, Alatas, Shahab, Al – Jufri, Mulahella, banyak deh, sekitar 130an. Tapi ga semuanya hijrah ke Indonesia.

Jadi sebenernya nama gue itu Cuma berat di gelar ama nama keluarga. Menyadari hal itu, Ummi abah gue akhirnya memutuskan nama yang cukup simple untuk di pakai dirumah,“Mia”. Pas jaman gue umur 4 tahunan, gue di panggil "meong" sama tetangga tetangga gara - gara kolor gue selalu gambar kucing. *waktu kecil gue selalu pake kolor doang plus sepatu boat kalo kemana mana*

Waktu SD, gue dipanggil si tomboy sama temen temen SD pas di Bangka Belitung. Itu karena pas gue jadi ketua kelas, kerjaan gue bawa bawa penggaris buat ngegaplok temen gue yang brisik waktu ditinggal guru. Haha istigfar deh kalo inget kejadian itu.

Waktu smp, gue dipanggil “Mak Geng” , gara gara itu gue jadi ketua kelas lagi yang isinya reman reman sekolah. Waktu kelas 1 semester 2 gue pindah ke Jakarta, naah dapet panggilan baru lagi! Gue dipanggil “hakim” sama si Aldi dan Panji. Yaa semoga aja kejadian :P Oh iya, pas SMP kelas dua, gue sekelas sama Militus, anak Bima super item dan bertubuh kecil serta bersuara cempreng. Dan sialnya gara gara dia , gue jadi dipanggil “wanita berkumis” ama anak2 cowok sekolah. Kalo di klub basket gue , gue dipanggil ONTA karena pas tanding, mereka pernah ngeliat nyokap gue yang masih arab banget mukanya.

Pas sekolah di SMA 80 jakarta, gue masuk kelas x-7. Di kelas ini, “ CEmil “ menjadi panggilan resmi gue. Mau protes ga bisa, karena sudah terlanjur dipanggil gitu. Dari kelas ini lah, nama “Cemil “ berasal, dan pada akhirnya satu sekolaan manggil begitu. Kalo dia tegaan, nama gue berubah jadi cemilan, kalo ga tegaan sih manggilnya jadi “ CAmil “ , better lah ya. Oh iyaa, pas pertengahan kelas 10, gue pake jilbab dan mengagetkan semua temen temen gue. Jadilah gue dipanggil Bu Haji.

Pas pindah ke SMA 14, nama gue tetep camil, tiba tiba gue jadi geli aja kalo dipanggil mila, kesannya gmana gitu.. Naah di 14 gue masuk kelas Sos 3, disini gue sering dipanggil “ummi” mungkin karena sifat keibuan gue *ihiiiyy*. Anak anak gue banyak disini, ada si Thaul, Ina, asti, ica, Inez, manda, ninis, ocep, qdoets, dll.

Di UI, ga ada lagi temen yang nyiptain nama baru buat gue. Semuanya diambil dari nama nama masalalu. Setiap ada yang nyebut “cemilan” , gue nengok. Setiap bu fully menyebut “ hakim “ , gue pun merasa terpanggil. Dan tiap ada yang manggil onta, gue pun langsung nyaut, “ ya?”.

Tuh kan, intinya nama itu bukan cuma apa yang tertulis di akta kelahiranl lu.. Nama yang di akte itu cuma mempermudah proses hukum kita, itulah sebabnya jaman dulu orang gampang banget ganti nama, sakit dikit, ganti nama, kayak kisahnya andrea hirata.

Tapi dibalik semua ini, sebuah nama bisa jadi sangat berarti ketika namamu menghiasai mana belakangku #eh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar